Kamis, 12 Juni 2014

Proposal Skripsi

Salah satu sudut pandang sebuah Negara dikatakan maju adalah ketika perkembangan teknologi di Negara tersebut mampu berkembang mengikuti tuntutan. Perkembangan teknologi era global menuntuk keterampilan dari setiap individu, terkhusus pekerja dalam industri guna memaksimalkan proses produksinya. Guna menjawab tantangan global inilah sesuai Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) Nomor 20 Tahun 2003, Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Sebagai wujud realisasi dari fungsi Pendidikan Nasional, SMK sebagai pendidikan kejuruan mempersiapkan peserta didik untuk menjawab kebutuhan Industri dalam bidang keahlian tertentu. Sesuai Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006, Tujuan SMK adalah untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan peserta didik untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan program kejuruannya.
Upaya mencapai tujuan pendidikan tentunya SMK mempunyai banyak faktor pendorong agar proses pembelajaran dapat dimaksimalkan. Dalam proses pembelajaran ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi terwujudnya tujuan SMK diantaranya proses pembelajaran, lingkungan pembelajaran, bahan pembelajaran, media pembelajaran, metodologi pembelajaran dan penilaian pembelajaran.
Sesuai dikemukakan Kemp dan Dayton (1985) untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih efisiean dan efektif dan membuat siswa menyerap pelajaran secara lebih mendalam dan utuh digunakanlah sebuah media pembelajaran. Selain ketersedian alat dan bahan pembelajaran yang memenuhi syarat, ketersedian media pembelajaran juga menjadi faktor penentu terwujudnya tujuan diawal.
Dalam dunia pendidikan kejuruan dalam hal ini SMK, banyak muncul permasalahaan tentang media pembelajaran. Namun dari sekian permasalahan tersebut, baru sedikit yang mampu terselesaikan karena realita dilapangan pembelajaran dengan cara try and error masih menjadi pilihan utama para pengajar. Padahal keadaan sebenarnya di SMK mengahrapkan efisiensi dari setiap proses pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan.
Dari beberapa pemaparan diatas menunjukkan bahwa, pada kenyataanya SMK masih sangat membutuhkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran diharapkan mampu menjadi solusi atas kebutuhan SMK dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan. Salah satu SMK yang dalam hal ini sedang melakukan pengembangan media pembelajaran adalah SMK N 2 Yogyakarta.
SMK N 2 Yogyakarta mempunyai salah satu program studi yaitu Teknik Instalasi Tenaga Listri (TITL). Salah satu mata pelajaran disana yaitu Perencanaan dan Perakitan Sistem Kendali (PPSK) masih memiliki keterbatasan dalam variasi proses pembelajaran. Keterbatasana variasi dalam hal ini media pembelajaran menyebabkan kompetensi keahlian dari siswanya masih perlu ditingkatkan guna menjawab kebutuhan industri.
Berdasarkan uraian diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk meneliti peningkatan kompetensi siswa pada mata pelajaran tertentu dengan menggunakan media pembelajaran yang aplikatif sesuai dengan kebutuhan industri. Maka dari itu peneliti tertarik mengadakan penelitian dengan judul:
“Upaya Peningkatan Kompetensi Siswa Dalam Mengoperasikan Sistem Kendali Menggunakan Media Pembelajaran Magnetik Kontaktor Berbasis Visual Studio 2012 Pada Kelas XII TITL 1 SMK N 2 Yogyakarta”.

Selengkapnya tentang proposal ini silahkan download disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar